Senin, 10 Januari 2011

perencanaan pembelajaran fisika.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P 3.1)

Sekolah : SMK Muhammadiyah I Wonosobo
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 28x40 menit
Standar Kompetensi:
3. . Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kompetensi Dasar :
3.1. Mengidentifikasi komponen ekosistem;
Indikator :
• Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem berdasarkan lingkungan sekitar
• Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik berdasarkan fungsinya
• Mengindentifikasi jaring-jaring makanan dalam ekosistem berdasarkan rantai makanan
• Mengatasi masalah lingkungan dengan menggunakan konsep rantai makanan
• Mengindentifikasi interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensialisme, parasitisme, melalui kegiatan penelitian di lapangan
• Menjelaskan peranan komponen biotik dan abiotik berdasarkan data hasil praktikum.

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini diharapkan peserta didik dapat:
• Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem berdasarkan lingkungan sekitar
• Mengidentifikasi Komponen biotik dan abiotik berdasarkan fungsinya
• Mengidentifikasi Jaring-jaring makanan dalam ekosistem berdasarkan rantai makanan
• Mengatasi masalah lingkungan dengan menggunakan konsep rantai makanan
• Mengidentifikasi Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensialisme, parasitisme, melalui kegiatan penelitian di lapangan
• Menjelaskan peranan komponen biotik dan abiotik berdasarkan data hasil praktikum.

II. Materi Ajar
• Komponen-komponen ekosistem;
• Interaksi komponen-komponen ekosistem;
• Jaring-jaring makanan dan rantai-rantai makanan;
• Bentuk interaksi antar komponen biotic;
• Peranan komponen biotic dan abiotik dalam kehidupan;

III. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
- kooperatif learning
- direct instruction
2. Metode
Diskusi, informasi, dan eksperimen

IV. Sumber/Alat Bantu
Sumber : Buku IPA SMK Kelas XII dan yang relevan dengan materi.
Bahan : lembar kerja siswa, lingkungan sekolah

V. Kegiatan Belajar-Mengajar

Guru Siswa
I. Pendahuluan
- Motivasi : Memotivasi pentingnya memahami pengertian tentang ekosistem, rantai makanan serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
- Prasyarat : memahami individu, populasi, komunitas, biosfer dan ekosistem;
II. Kegiatan Inti :
- Mengarahkansiswa mengamati lingkungan sekolah secara berkelompok;
- Mengarahkan siswa mencatat makhluk dan tak hidup yang ada di ingkungan sekolah;
- Mengarahkan siswa mengelompokkan mahkluk hidup dan tak hidup dari hasil pengamatan;
- Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan pengertian lingkungan dan komponen penyusunnya;
- Menunjukkan komponen lingkungan biotic dan abiotik dari hasil pengamatan kelompok;
- Mengarahkan siswa untuk mendefinisikan pengertian komponen biotic dan abiotik serta menyebutkan contohnya;
- Mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi hubungan proses makan dan dimakan dalam rantai makanan dan jarring-jaring makanan dengan menggunakan gambar;
- Memberikan kasus hama tikus dan mengarahkan siswa untuk mendiskusikan pemecahannya;
- Mengajak siswa untuk membandingkan interaksi antar komponen biotic;
- Mengarahkan siswa untuk melakukan pratikum tentang peran komponen biotic dan abiotk;
- Mengajak siswa mengaplikasikan fungsi komponen biotic dan abiotik dalam kehidupan dengan cara membersihkan lingkungan dan menanam pohon-pohonan disekolah;

III. Penutup :
- Mengarahkan siswa untuk merangkum materi yang sudah diperoleh
- Penugasan
- Uji Kompetensi
Memperhatikan guru





mengamati

mencatat

mengelompokkan


berdiskusi


menunjukkan


mendefinisikan


mengidentifikasi



berdiskusi


membandingkan

bereksperimen


membersihkan lingkungan, dan menanam pohon



VI. Penilaian

a. Jenis Tagihan : kuis, laporan pratikum,tes sikap pengelolaan lingkungan; (terlampir).
b. Tindak lanjut:
- Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih.
- Memberikan program remidi
- Memberikan program pengayaan


Mengetahui, Wonosobo, 13 Agustus 2009
Kepala SMK Muhammadiyah Guru Mata Pelajaran





Drs. Imron Rosyadi Sri Jumini, S.Pd.
NBM: 596177 NBM: -


Lampiran 3.1.1
Lembar Kerja Siswa (LKS) 3.1.

I. Portofolio
a. Tugas Mandiri
Buatlah tingkat ekologi dari yang terkecil hingga terbesar sampai terbentuk biosfer, jelaskan dan beri contoh!
b. Tugas kelompok
1) Tujuan : mengetahui komponen biotic dan abiotik, serta pengaruh factor abiotik terhadap komponen biotic;
2) Alat : tali raffia, pasak 8 buah, alat tulis;
3) Cara kerja
a) Buatlah area segiempat dihalaman sekolahmu seluas 1x1m2 dengan tali raffia yang dibatasi pasak di keempat sudutnya;
b) Piihlah dua area, yaitu area tanpa naungan, dan area dengan naungan;
c) Catatlah ada berapa jenis tanaman dan hewan yang ada, hitung jumlahnya!
d) Kelompokkan yang termasuk komponen biotic dan komponen abiotik
e) Amati dan catat perbedaan tanaman yang tumbuh ditempat yang banyak cahaya dengan yang tumbuh dditempat yang kurang cahaya;
c. Setelah Anda selesai melakukan pratikum, jawablah pertanyaan berikut!
1) Sebutkan komponen apa saja yang anda amati?Jelaskan fungsi komponen tersebut dalam ekosistem!
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
2) Ada beberapa jenis tanaman dan hewan yang ada pada bidang pengamatan?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
3) Adakah pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman? Jelaskan!
__________________________________________________
__________________________________________________
4) Jelaskan dua organisme yang paling penting dalam ekosistem?
__________________________________________________
5) Jelaskan perbedaan komponen ekosistem biotic yang berfotosintesis dengan yang tidak?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
II. Pekerjaan Rumah

Perhatikan rantai-rantai makanan berikut:
Padi>ulat>tikus>ular>elang
1) Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
__________________________________________________
__________________________________________________
2) Apa peranan masing-masing organisme tersebut dalam ekosistem?
__________________________________________________
__________________________________________________
3) Berdasarkan makanannya, sebutkan istilah organisme-organisme tersebut?
__________________________________________________
__________________________________________________
4) Bagaimana peran suhu dalam ekosistem?
__________________________________________________
__________________________________________________
5) Pembukaan lahan akan meningkatkan pengikisan tanah apabila terjadi hujan. Jelaskan bagaiman hal tersebut bias terjadi dan apa akibatnya?
__________________________________________________
__________________________________________________
6) Apa yang dimaksud agroekosistem?
__________________________________________________
__________________________________________________
7) Jelaskan karakteristik dasar ekosistem?
__________________________________________________
__________________________________________________
8) Apakah yang dimaksud organisme autrotrofik?
__________________________________________________
__________________________________________________
9) Apa pengaruh komposisi hara dalam tanah pada jenis tumbuhan?
__________________________________________________
__________________________________________________
10) Faktor biotic merupakan sumber daya terbaharui, jelaskan?
__________________________________________________
__________________________________________________






Lampiran 3.1.2.
EVALUASI BAB I

A. Soal Obyektif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Berikut ini ruang lingkup yang dikaji dalam ekologi, kecuali … .
a. Komponen biotic
b. Komponen abiotik
c. Penamaan mahkluk hidup
d. Interaksi antar populasi
e. Interaksi mahkluk hidup dengan lingkungannya
2. Berikut ini yang merupakan komponen abiotik adalah … .
a. Capung d. hujan
b. Belalang e. pohon
c. Rumput
3. Berikut ini yang bukan termasuk populasi adalah … .
a. Sekumpulan badak ditaman Nasional Ujung Kulon
b. Sekumpuan monyet di cagar alam pangandaran
c. Sekumpulan manusia di Jakarta
d. Sekumpulan ikan beraneka jenis di kolam ikan
e. Serumpun rumput dilapangan bola
4. Pernyataan berikut yang benar tentang komunitas sawah adalah … .
a. Ada interaksi antara tumbuha padi dengan air hujan
b. Ada interaksi antara populasi padi dengan belalang
c. Hanya tersusun dari tanah, air, udara, dan cahaya.
d. Tidak terjadi interaksi antar populasi organism disawah
e. Hanya tersusun atas tumbuhan pada beserta air
5. Ciri interaksi komensalisme adalah … .
a. Kedua organism memperoleh keuntungan
b. Salah satu organism menyebabkan penyakit
c. Organism pasangan mengalami kerugian
d. Organism pasangan tidak diuntungkan
e. Keduanya mengalami kerugian
6. Untuk bisa memperoleh sumber nutrisi dan air yang cukup, suatu tanaman menyekresikan zat tertentu sehingga tanaman jenis lainnyatidak bisa tumbuh.Interaksi ini disebut dengan … .
a. Predasi
b. Kompetisi
c. Parasitisme
d. Komensalisme
e. Alelopati
7. Berikut ini yang bukan ekosistem buatan adalah … .
a. Waduk d. Tundra
b. Sawah e. perkebunan kopi
c. Perkebunan the
8. Keadaan muka bumi suatu daerah yang akan mempengaruhi distribusi makluk hidup disebut … .
a. Topografi
b. Habitat
c. Ekosistem
d. Biosfer
e. Komunitas
9. Jamur dan bakteri termasuk komponen penyusun ekosistem yaitu … .
a. Produsen
b. Konsumen
c. detrivor
d. decomposer
e. heterotrof
10. Tumbuhan hajau dalam proses fotosintesis memerlukan … .
a. Cahaya matahari dan karbondioksida
b. Cahaya matahari dan oksigen
c. Cahaya matahari, air dan oksigen
d. Cahaya matahari,karbondioksida dan oksigen
e. Cahaya matahari, karbondioksida dan air

B. Soal Essay
1. Contoh suatu ekosistem alami adalah …….
2. Waduk yang dibuat dengan tujuan untuk menampung air dan irigasi merupakan contoh …. .
3. Organisme sapotrof disebut juga … .
4. Sebatang pohon rambutan, seekor katak, dan serumpun pada disebut … .
5. Organisme yang bertugas mengubah partikel-partikel organic menjadi anorganik disebut … .
6. Komponen abioti dalam ekosistem meliputi … .
7. Kekhasan mahkluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan komponen ekosistem disebut … .
8. Ekosistem yang terjadi dengan sendirinya, tanpa campur tangan manusia disebut … .
9. Senyawa anorganik pada ekosistem terbentuk dari proses … .
10. Matahari merupakan sumber energy yang secara langsung digunakan oleh … .

Skor:
A. Soal obyektif.jumlah skor : 10, nilai per nomer 1
B. Soal esay : jumlah skor 20, nilai per nomer 2





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P 3. 2)

Sekolah : SMK Muhammadiyah I Wonosobo
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 5x45 menit
Standar Komptensi:
3. Memahami komponen ekosistem serta peranan
Kompetensi Dasar :
3.2. Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan
Indikator :
• Menjelaskan kondisi lingkungan hidup pada tingkat lokal, regional, nasional, dan global.
• Menjelaskan saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik berdasarkan hasil percobaan
• Menjelaskan bahaya over eksploitasi ekosistem berdasarkan dampaknya.

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini diharapkan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan kondisi lingkungan hidup pada tingkat lokal, regional, nasional, dan global.
2. Menjelaskan saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik berdasarkan hasil percobaan
3. Menjelaskan bahaya over eksploitasi ekosistem berdasarkan dampaknya.
4. Memahami hakekat pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan
5. Memahami bentuk interaksi antar komponen ekosistem dalam menjaga keseimbangan lingkungan

II. Materi Ajar
1. Keseimbangan lingkungan
a) Interaksi antar komponen ekosistem dalam menjaga keseimbangan lingkungan
b) Suksesi
2. Dampak eksploitasi berlebihan terhadap ekosistem
a) Fragmentasi dan degradasi habitat
b) Terganggunya aliran energy di dalam ekosistem
c) Resistensi beberapa spisies merugikan
d) Hilangnya spisies penting dalam ekosistem
e) Introduksi spisies asing
f) Berkurangnya sumber daya alam terbaharui
g) Terganggunya daur materi di dalam ekosistem
3. Eksploitas berlebihan pada ekosistem darat dan akuatik
a) Ekosistem darat
b) Ekosistem akuatiik
4. Upaya menjaga keseimbangan lingkungan

III. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
- kooperatif learning
- direct instruction

2. Metode
Diskusi informasi, eksperimen dan observasi

IV. Sumber/Alat Bantu
Sumber : Buku IPA SMK Kelas XII dan yang relevan dengan materi, internet;
Bahan : lembar kerja siswa, lingkungan sekolah
Alat : -
V. Kegiatan Belajar-Mengajar

Guru Siswa
I. Pendahuluan
- Motivasi : Memotivasi pentingnya memahami tentang keseimbangan lingkungan serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
- Prasyarat : memahami tentang ekosistem, komponen ekosistem, interaksi ekosistem, dan rantai makanan;
II. Kegiatan Inti :
- Mengarahkan siswa untuk berdiskusi tentang permasalahan lingkungan yang terdapat dalam skala local, regional, nasional, dan global;
- Mengarahkan siswa untuk membuat kliping tentang keseimbangan lingkungan;
- Mengajak siswa untuk menunjukkan komponen biotic yang ada di lingkungan sekolah;
- Mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan penelitian tentang saling ketergantungan antar komponen biotic dan abiotik;
- Mengarahkan siswa untuk berdiskusi kelompok tentang hasil kegiatan penelitian;
- Mengarahkan siswa untuk presentasi hasil diskusi kelompok;
- Menugaskan siswa untuk mencari sumber dari internet tentang dampak over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar;
- Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan informasi yang didapat dari internet tentang dampak over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar;
- Berdiskusi dengan siswa tentang hal-hal yang belum dipahami siswa

III. Penutup :
- Mengarahkan siswa untuk merangkum materi yang sudah diperoleh
- Penugasan
- Uji Kompetensi
Memperhatikan guru





berdiskusi



membuat kliping

menunjukkan komponen biotik

mekakukan peneitian


berdiskusi

presentasi

mencari sumber dari internet



berdiskusi




diskusi

VI. Penilaian

a. Jenis Tagihan : kuis dan penugasan (terlampir)
b. Tindak lanjut:
- Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih.
- Memberikan program remidi
- Memberikan program pengayaan


Mengetahui, Wonosobo, 13 Agustus 2009
Kepala SMK Muhammadiyah Guru Mata Pelajaran





Drs. Imron Rosyadi Sri Jumini, S.Pd.
NBM: 596177 NBM: -








Lampiran 3.2.1.

Lembar Kegiatan Siswa LKS 3.2.1

I. Portofolio
a. Tugas Mandiri
1) Carilah artikel tentang penyebab kerusakan hutan di Indonesia;
2) Buatlah sebuah poster atau artikel mengenai dampak aktivitas manusia terhadap ekosistem. Isi artikel harus memuat salah satu dampak aktivitas manusia terhadap ekosistem, serta solusi untuk mengatasi dampak tersebut.
b. Tugas kelompok
1) Tujuan : memahami dampak eksploitasi berlebihan terhadap kualitas lingkungan dan kualitas masyarakat;
2) Cara kerja
a) Amatilah lingkungan disekitar rumah dan sekolah, usahakan lingkungan yang diamati telah mengalami eksploitasi berlebihan seperti didaeran hutan, daerah pembuangan sampah, atau pemukiman dipinggir sungai;
b) Catatlah bagaimana keadaan lingkungan tersebut;
c) Dalam proses pengamatan kamu dan kelompokmu, ajukan pertanyaan yang tinggal di tempat tersebut.
d) Diskusikan hasil pengamatan dan wawancara di kelompokmu;
e) Buatlah laporan hasil penelitian dari kelompokmu, masing-masing kelompok satu buah laporan;
c. Setelah Anda selesai melakukan penelitian, jawablah pertanyaan berikut!
1) Mengapa manusia dikatakan sebagai komponen biotic yang memiliki pengaruh ekologi yang kuat di bumi ini?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
2) Jelaskan sifat sumber daya alam yang bisa diperbaharui, dan berikan contohnya?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
3) Apa yang akan terjadi jika salah satu spisies dalam ekosistem punah?
__________________________________________________
__________________________________________________
4) Jelaskan dampak yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan pestisida jenis tertentu secara berlebihan di lahan pertanian?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
II. Pekerjaan Rumah
1. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan lingkungan?
__________________________________________________
__________________________________________________
2. Jelaskan yang dimaksud suksesi, sebutkan macam-macamnya!
__________________________________________________
__________________________________________________
3. Apa yang terjadi pada sungai yang tercemar bila tidak terjadi pencemaran lagi?
__________________________________________________
__________________________________________________
4. Sebutkan manfaat dan potensi hutan yang kamu ketahui?
__________________________________________________
__________________________________________________
5. Mengapa keberadaan hutan dapat mempengaruhi suhu global?
__________________________________________________
__________________________________________________
6. Perhatikan lingkungan sekitarmu. Apakah ada eksploitasi berlebihan terhadap ekosistem akuatik tertentu? Jelaskan dampak ekloitasi tersebut?
__________________________________________________
__________________________________________________
7. Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menjaga lingkungan?
__________________________________________________
__________________________________________________
8. Mengapa upaya mejaga keseimbangan lingkungan hidup memerlukan kesadaran kolektif?
__________________________________________________
__________________________________________________
9. Jelaskan peran serta pemerintah dalam menjaga keseimbangan lingkungan?
__________________________________________________
__________________________________________________
10. Jelaskan bahwa illegal logging menjadi penyebab terbesar kerusakan hutan di Indonesia?
__________________________________________________
__________________________________________________








Lampiran 3.2.2.
EVALUASI BAB II

A. Soal Obyektif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Lingkungan dapat kembali ke keadaan seimbang setelah mengalami kerusakan , kemampuan ini disebut … .
a. Daya dukung lingkungan
b. Daya lenting lingkungan
c. Daya tamping lingkungan
d. Daya pulih lingkungan
e. Daya kooperatif lingkungan
2. Kemampuan alam untuk dapat mendukung kelangsungan hidup suatu mahkluk di sebut … .
a. Daya dukung lingkungan
b. Daya lenting lingkungan
c. Daya tamping lingkungan
d. Daya pulih lingkungan
e. Daya kooperatif lingkungan
3. Organisme yang biasanya ditemukan pada daerah yang mengalami suksesi primer adalah … .
a. Lumut kerak
b. Pohon cemara
c. Perdu
d. Pohon jati
e. Pohon yang tidak terlalu tinggi
4. Bila salah satu jenis populasi tumbuhan dalam suatu ekosistem hutan dimusnahkan, maka … .
a. Tidak terjadi perubahan apapun dalam ekosistem
b. Semua populasi tumbuhan akan punah
c. Keseimbangan ekosistem hutan akan terganggu
d. Tidak ada spisies hewan yang punah
e. Semua herbivore akan kehilangan sumber makanan
5. Berikut ini yang bukan merupakan dampak negative eksploitasi berlebihan pada suatu ekosistem adalah … .
a. Introduksi spisies asing
b. Fragmentasi dan degradasi habitat
c. Meningkatnya keanekaragaman mahkluk hidup
d. Beberapa spesies menjadi resisten
e. Berkurangya sumber daya alam terbaharui
6. Bila kadar CO2 dalam ekosistem menurun, maka organism yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah … .
a. Herbivore d. produsen
b. Karnivora e. dekomposer
c. konsumen
7. Berikut ini upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan di ekosistem hutan, kecuali … .
a. Reboisasi
b. Tebang pilih
c. Mencegah perburuan hewan
d. Illegal logging
e. Tidak membakar hutan
8. Untuk menjaga keseimbangan lingkungan penggunaan bahan-bahan kimia dalam rumah tangga harus dikurangi karena … .
a. Mahal
b. Tidak diperlukan
c. Mudah terbakar
d. Mencemari lingkungan
e. Tidak bias diperbaharui
9. Upaya menjaga lingkungan merupakan upaya kolektif karena ….
a. Tidak perlu peran pemerintah
b. Menjaga lingkungan tidak bias dilakukan secara individu
c. Membutuhkan biaya yang mahal
d. Butuh pengawasan dan tindakan hokum yang tegas
e. Dampak dan kerusakan lingkungan dirasakan oleh masyarakat luas
10. Berikut ini yang bukan merupakan contoh kerugian akibat penebangan hutan secara liar adalah … .
a. Berkurangnya daerah resapan air
b. Hilang dan rusaknya habitat
c. Mengurangi air tanah
d. Menguragi wilayah hutan yang dapat dimanfaatkan
e. Mengurangi ketersedaan tanaman obat

B. Uraian
1. Jelaskan sifat yang dimiliki oleh ekosistem yang seimbang!
_________________________________________________________
_________________________________________________________
2. Jelaskan antara suksesi primer dan suksesi sekunder1
_________________________________________________________
_________________________________________________________
3. Jelaskan factor-faktor yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan!
_________________________________________________________
_________________________________________________________
4. Sebutkan beberapa dampak buruk dari eksploitasi berlebihan dalam suatu ekosistem!
_________________________________________________________
_________________________________________________________
5. Berikan contoh peistiwa fragmentasi dan degradasi habitat yang kamu ketahui!
_________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P 3.3)

Sekolah : SMK Muhammadiyah I Wonosobo
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 5x45 menit
Standar Kompetensi:
3. . Memahami komponen ekosistem serta peranan Kompetensi Dasar :
3.3. Mendeskripsikan AMDAL
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian AMDAL berdasarkan lingkup suatu kegiatan
• Menjelaskan kebijaksanaan lingkungan di Indonesia berdasarkan kegiatan pembangunan
• Menjelaskan dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya secara tepat
• Menjelaskan metode identifikasi prakiraan dan evaluasi dampak dengan tepat
• Melakukan prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dengan benar
• Mengindentifikasi faktor-faktor yang harus diperhatian dalam pelaksanaan AMDAL berdasarkan praktik di lapangan.

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini diharapkan peserta didik dapat:
1. Mengetahui kebijakan di Indonesia;
2. Memahami dampak pembangunan di Indonesia;
3. Memahami analisis mengenai dampak lingkungan hidup dan aplikasinya;
4. Mendeskripsikan pengertian AMDAL berdasarkan lingkup suatu kegiatan
5. Menjelaskan kebijaksanaan lingkungan di Indonesia berdasarkan kegiatan pembangunan
6. Menjelaskan dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya seara tepat
7. Menjelaskan metode identifikasi prakiraan dan evaluasi dampak dengan tepat
8. Melakukan prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dengan benar
9. Mengindentifikasi faktor-faktor yang harus diperhatian dalam pelaksanaan AMDAL berdasarkan praktik di lapangan.
II. Materi Ajar
1. Kebijakan lingkungan di Indonesia;
2. Dampak pembangunan;
3. Analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL)
a) Pengertian AMDAL
b) Pendekatan studi AMDAL;
c) Pemrakarsa dan penyusun AMDAL;
d) Penilaian AMDAL;
e) Komponen dokumen AMDAL;
4. Pelaksanaan AMDAL
a) Tahapan AMDAL;
b) Penyusunan dokumen AMDAL
c) Metode-metode dalam penyusunan AMDAL;

III. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
- kooperatif learning
- direct instruction

2. Metode
Diskusi informasi, eksperimen dan observasi;

IV. Sumber/Alat Bantu
Sumber : Buku IPA SMK Kelas XII dan yang relevan dengan materi.
Bahan : lembar kerja siswa, lingkungan sekolah dan rumah, internet.

V. Kegiatan Belajar-Mengajar

Guru Siswa
I. Pendahuluan
- Motivasi : Memotivasi pentingnya memahami tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
- Prasyarat : memahami tentang ekosistem, komponen ekosistem, interaksi ekosistem, rantai makanan dan keseimbangan lingkungan;
II. Kegiatan Inti :
- Mengarahkan siswa untuk berdiskusi tentang kualitas lingkungan di berbagai daerah ditinjau dari kenyamanan masyarakat sekitar;
- Bersama-sama siswa membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaaan lingkungan di Indonesia;
- Menginformasikan tujuan, prosedur, dan tujuan yang ingin dicapai dengan adanya AMDAL sebelum melakukan pembangunan;
- Mengarahkan siswa melaksanakan praktik simulasi analisis mengenai dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu;
- Mengarahkan siswa untuk mengobservasi langsung daerah yang telah dibangun dan menganalisis AMDALnya;
- Bersama-sama siswa mendiskusikan pentingnya AMDAL dilakukan secara abyektif, professional, dan cermat agar memperoleh rekomenasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.
III. Penutup :
- Mengarahkan siswa untuk merangkum materi yang sudah diperoleh
- Penugasan
- Uji Kompetensi
Memperhatikan guru







berdiskusi



membahas informasi

memperhatikan



bereksperimen



observasi


berdiskusi






Merangkum

Melaksanakan tugas

VI. Penilaian

a. Jenis Tagihan : kuis dan penugasan (terlampir);
b. Tindak lanjut:
- Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih.
- Memberikan program remidi
- Memberikan program pengayaan


Mengetahui, Wonosobo, Agustus 2009
Kepala SMK Muhammadiyah Guru Mata Pelajaran




Drs. Imron Rosyadi Sri Jumini, S.Pd.
NBM: 596177 NBM: -



Lampiran 3. 3.1
Lembar Kegiatan Siswa LKS 3.2.1

I. Portofolio
a. Tugas Mandiri
Carilah artikel tentang berbagai alas an atau pemikiran yang menjadikan ekologi sebagai dasar studi AMDAL di Indonesia;
b. Tugas kelompok
1) Tujuan : menganalisis berbagai dampak proyek pembangunan dan pentingnya suatu proyek;
2) Cara kerja
a) Bergabunglah bersama 5-6 orang teman sekelasmu membentuk kelompok diskusi;
b) Diskusikan dan analisislah berbagai dampak penting yang mungkin ditimbulkan dari proyek-proyek pembangunan sebagai berikut (pilihlah salah satu).
- Perluasan area pesisir dengan reklamasi pantai
- Pembangunan vila atau rumah di perbukitan;
- Pembukaan jalan melintasi wilayah hutan yang dilindungi;
c) Carilah informasi mengenai berbagai dampak yang mungkin ditimbulkan dari proyek pembangunan tersebut dengan cara membandingkannya dengan dampak yang terjadi dari proyek yang serupa yang telah berjalan;
d) Tentukanlah apakah dampak tersebut termasuk dampak penting dengan menganalisisnya sesuai dengan pedoman penentuan dampak penting;
c. Setelah Anda selesai melakukan penelitian, jawablah pertanyaan berikut!
1) Apa yang dimaksud dengan pembangunan?
__________________________________________________
__________________________________________________
2) Mengapa dalam proses pembangunan perlu dilengkapi AMDAL?
__________________________________________________
__________________________________________________
3) Sebutkan hal-ha penting yang dijadikan pedoman dalam menentukan dampak penting?
__________________________________________________
__________________________________________________
4) Apa fungsi kebijakan pemerintah di dalam proses pembangunan suatu Negara?
__________________________________________________
__________________________________________________
5) Sebutkan aspek apa saja yang berperan dalam perumusan kebijakan lingkungan?
__________________________________________________
__________________________________________________
II. Tugas Rumah
1) Sebutkan kebijakan lingkungan di Indonesia?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
2) Apa yang dimaksud dengan AMDAL?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
3) Jelaskan bedanya antara AMDAL dan ANDAL?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
4) Sebutkan unsure-unsur yang terlibat dalam penilaian AMDAL?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
5) Bila didekat rumahmu ada pembangunan jalan layang, maka peran serta apa yang dapat kamu lakukan?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
6) Sebutkan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan AMDAL?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
7) Sebutkan empat dokumen AMDAL?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
8) Mengapa kerangka acuan ANDAL disusun lebih dulu daripada acuan lannya?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
9) Apa yang dimaksud dengan prakiraan dampak?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________
10) Sebutkan metode yang digunakan untuk menganalisa dampak?
__________________________________________________
__________________________________________________
__________________________________________________



Lampiran 3.3.2.
EVALUASI BAB III

A. Soal Obyektif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Kegiatan AMDAL sebelum pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan untuk … .
a. Memperbaiki lingkungan
b. Menaggulangi pencemaran lingkungan yang telah terjadi
c. Merusak lingkungan
d. Mencemari lingkungan
e. Menjaga kelestarian lingkungan
2. Dampak penting adalah … .
a. Terjadinya perubahan lingkungan hidup yang mendasar yang diakibatkan oleh suatu kegiatan atau proyek
b. Dampak diluar proyek yang tidak berpengaruh terhadap lingkungan hidup
c. Tidak terjadi dampak serius bagi lingkungan, masyarakat sekitar
d. Dampak yang timbul sebelum proyek dijalankan
e. Terjadinya perubahan lingkungan hidup akibat pemanasan global
3. Berikut ini pedoman untuk menentukan dampak penting, kecuali … .
a. Jumlah manusia yang terkena dampak
b. Jumlah gedung yang rusak akibat dampak
c. Lamanya dampak berlangsung
d. Intensitas dampak
e. Luas wilayah persebaran dampak
4. Kegiatan AMDAL sebelum pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan untuk ….
a. Memperbaiki lingkungan
b. Menanggulangi pencemaran lingkungan yang telah terjaadi
c. Merusak lingkungan
d. Mencemari lingkungan
e. Menjaga kelestarian lingkungan
5. Lapangan golf, rumah sakit, dan sekolah merupakan contoh jenis usaha atau kegiatan dengan pendekatan studi AMDAL … .
a. Kegiatan tunggal
b. Kegiatan terpadu atau multi sector
c. Kegiatan regional
d. Kegiatan bermanfaat
e. Kegiatan global
6. Komisi penilai AMDAL pada tingkat pusat dibentuk oleh … .
a. Presiden
b. Wakil presiden
c. MPR dan DPR
d. Gubernur
e. Menteri
7. Pembuatan dokumen ANDAL, RKL, dan RPL dibuat … .
a. Secara terpisah
b. Secara bersamaan dan bersinambungan
c. Setelah proyek berjalan
d. Setelah komisi penilai memberikan keputusan
e. Saling berdiri sendiri dan tidak berhubungan
8. Rona lingkungan hidup awal, prakiraan dampak besar, dan dampak penting terdapat dalam dokumen … .
a. KA-ANDAL
b. RKL
c. RPL
d. ANDAL
e. KA-AMDAL
9. Yang bukan aspek social yang ditelaah dalam ANDAL adalah …
a. Social-ekonomi
b. Demografi
c. Geografi
d. Social-budaya
e. Kesehatan masyarakat
10. Metode yang dapat dilakukan untuk mengukur aspek social adalah … .
a. Invetarisasi
b. Wawancara, kuesioner
c. Analisis laboratorium
d. Belt transect
e. Mengamati jejak dihutan
b. Uraian
1. Upaya untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya untuk meningkatkan sumber daya disebut … .
2. Hal-hal yang dapat dipakai untuk menentukan dampak penting yaitu … .
3. Kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan dalam lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha disebut … .
4. Oranng atau badan usaha yang mempunyai rencana untuk melakukan usaha atau kegiatan disebut … .
5. Metode-metode dalam penyusunan ANDAL antara lain … .
6. Tahapan AMDAL antara lain … .
7. Dokumen AMDAL terdiri dari … .
8. Kebijakan lingkungan berfungsi … .
9. Yang dimaksud AMDAL adalah … .
10. Yang dimaksud ANdal adalah …. .
Skor:
A. Soal obyektif.jumlah skor : 10, nilai per nomer 1
B. Soal esay : jumlah skor 20, nilai per nomer 2
PERANGKAT
PEMBELAJARAN

IPA KELAS 3
• SILABUS
• RPP
• LKS dan EVALUASI
• Kkm
• Program tahunan
• Program semester

DI SUSUN OLEH:
SRI JUMINI, S.Pd.

SMK MUHAMMADIYAH I WONOSOBO
TAHUN 2009/2010



Contoh : Struktur Pembelajaran Model Penemuan
No Langkah Kegiatan
1 Motivasi Membangkitkan ketertarikan dan keingintahuan siswa terhadap materi pembelajaran
2 Perumusan Masalah Memberikan beberapa pertanyaan ilmiah yang relevan dengan mteri pembelajaran
3 Penyusunan Opini Menggali pengetahuan siswa dengan menjawab pertanyaan semacam hipotesis atau dugaan
4 Rancangan dan Perakitan Menyediakan media pembelajaran, Merangkai alat percobaan
5 Percobaan Melakukan pengamatan,pengukuran, dan pengumpulan data
6 Kesimpulan Mengurutkan dan menabelkan ata, dan menarik kesimpulan
7 Abstraksi Kristalisasi berbagai kesimpulan membentuk konsep yang dikuasai siswa
8 Konsolidasi Pemantapan konsep dari aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari




PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas : X

Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO

Tahun Pelajaran : 2008/2009

No Standard Kompetensi (SK)/ Kompetensi Dasar (KD) Alokasi Waktu (JP)
1 Menerapkan konsep besaran fisika dan pngukurannya 12
2 Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik 22
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 6
4 Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi 12
5 Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi 10
6 Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik 4

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Wonosobo Fisika



Drs. Sodiq Al Fajar M. Nisfur Rajab S A J, S. Pd
NBM. 801580

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar